Ngedak Murah Ala BALITON CLC

Apa itu BALITON CLC ??

Baliton adalah singkatan dari "Balok Lantai Beton". Sedangkan CLC adalah singkatan dari “Cellular Lightweight Concrete” . 

CLC adalah beton selular yang mengalami proses curing secara alami, CLC adalah beton konvensional yang mana agregat kasar (kerikil) digantikan oleh udara, dalam prosesnya mengunakan busa organik yang sangat stabil dan tidak ada reaksi kimia ketika proses pencampuran adonan, foam/busa berfungsi sebagai media untuk membungkus udara

Pabrikasi dan peralatan yang digunakan untuk menghasilkan CLC juga standard, sehingga produksi dengan mudah dapat pula diintegrasikan ke dalam pabrikasi beton konvensional. Hanya pasir, semen, air dan foam yang digunakan dan kepadatan yand didapatkan dapat disesuaikan mulai dari 350 sampai 1.800 kg / m³ dan kekuatan dapat juga dicapai dari serendah 1,5 sampai lebih 30 N / mm ². Pasir sungai berukuran 2, 4, 6 dan 8 mm dapat digunakan, tergantung pada kepadatan yang diinginkan. Semen portland menawarkan kinerja paling optimal tetapi kebanyakan jenis lain semen juga bisa digunakan. kepadatan beton bisa disesuaikan, berbagai ukuran dan maupun panel prefab dapat diproduksi, di atas kepadatan dari 1.200 kg / m³ (setengah dari berat beton konvensional) untuk aplikasi struktural dapat mengunakan rangka baja.


Pada CLC Gelembung udara yang dihasilkan benar-benar terpisah satu sama lain, sehingga penyerapan air jauh lebih sedikit dan baja tidak perlu dilapisi dengan lapisan anti korosi, beton dengan kepadatan diatas 1.200 kg/m3 juga tidak memerlukan pla-ster, seperti pada AAC, hanya cukup di cat saja. Penyerapan air lebih rendah daripada di AAC dan masih cukup baik dibandingkan dengan beton konvensional. CLC sama halnya dengan beton konvensional kekuatan akan bertambah seiring dengan waktu melalui kelembapan alamiah pada tekanan atmosfir saja. Meskipun tidak seringan AAC, CLC tetap menawarkan penurunan berat badan yang cukup besar dibandingkan dengan beton konvensional dan isolasi termal 500% lebih tinggi dan tahan api. Paku dan Sekrup dapat dengan mudah dipaku ke CLC terus tanpa harus menggunakan pen, CLC juga dapat dipotong atau digergaji. Bahkan panel dinding rumah seluruhnya dapat dicetak hanya dalam sekali tuang. Beton CLC menawarkan banyak ruang lingkup peng aplikasian, mulai dari isolasi atap rumah pada kepadatan serendah 350 kg / m³ sampai dengan produksi panel dan lantai beton dengan kepadatan 1800 kg / m³.


Baliton CLC adalah teknologi internasional berstandar Jerman. Solusi paling praktis untuk membangun dan merenovasi rumah; ngecor dan ningkat rumah, ruko dan lainnya. Lebih murah, hemat dan cepat, kokoh dan aman dari goncangan gempa, ketimbang ngecor konvensional dan lainnya.


Pada umumnya berat beton ringan berkisar antara 600 – 1600 kg/m3. Sehingga keunggulan beton ringan utamanya ada pada berat, sehingga jika digunakan pada proyek bangunan tinggi (high rise building) akan dapat secara signifikan mengurangi berat bangunan itu sendiri, yang selanjutnya berdampak pada perhitungan pondasi.

Anda ingin membangun rumah tingkat baru, menambah ruangan tingkat rumah, atau membuat lantai beton jemur yang lebih cepat dan lebih hemat? 

Baliton CLC solusi yang paling tepat.


Menggunakan Baliton CLC lebih cepat dan lebih hemat daripada beton konvensional, 
lebih kuat dan lebih murah dari beton Bondek.

"Kenapa BALITON CLC Lebih Murah dari pada Dak Konvensional ?"

Karena BALITON CLC tanpa menggunakan bekisting, kayu kaso, papan kayu lapis untuk perancak cetak, dimana biayanya mencapai 35 % dari proses produksi, Lebih hemat bahan Beton 40%, Lebih hemat perancah kayu 90%, Lebih hemat besi tulangan 40%, Lebih hemat waktu 75% (lebih cepat). Mengurangi beban fondasi 40 % dari yang konvensional.



" Apakah BALITON CLC Kuat ? "

Tentu saja, karena Baliton CLC menggunakan tulangan besi ulir dan di dalamnya mengunakan eraman besi yang standar untuk ngecor lantai beton. Hasil uji kuat tekan mempunyai nilai pada umur beton 7,14 dan 28 hari semakin naik. Pada umur beton 7 hari kuat tekan rata-rata yang dicapai adalah 14,52 Mpa, pada umur beton 14 hari kuat tekan rata-rata yang dicapai adalah 17,45 Mpa dan pada umur beton 28 hari kuat tekan rata-rata yang dicapai adalah 20,61 Mpa. Dengan kuat tekan maksimum yang didapat, maka beton memenuhi tujuan dengan menggunakan beton ringan untuk
beton struktural yaitu 20 Mpa.

" Keunggulan Baliton CLC "


  1. Ngecor pakai Baliton CLC tanpa menyediakan bekisting, kayu kaso, papan kayu lapis untuk perancak cetak, dimana biayanya mencapai 35 % dari proses produksi.
  2. Tanpa menunggu beton mongering selama minimal 14 hari agar dapat membongkar bekisting.
  3. Lebih hemat bahan Beton 40%.
  4. Lebih hemat perancah kayu 90%.
  5. Lebih hemat besi tulangan 40%.
  6. Lebih hemat waktu 75% (lebih cepat ).
  7. Mengurangi beban fondasi 40% dari yang cor konvensional.
  8. Sehingga banyak manfaat yang bisa kita dapatkan terhadap ekosistem kehidupan dan generasi mendatang:
    • Mengurangi penggunaan kayu hasil hutan.
    • Kualitas udara lebih baik.
    • Mengurangi efek pemanasan global.
    • Ketersediaan air bersih.


" Keunggulan yang lain "


Baliton CLC memiliki keunggulan kompetitif penggunaan beton ringan dibandingkan dengan material bangunan tradisional :
  1. Isulator suara. Struktur materialnya memberikan sifat kedap suara.
  2. Tahan terhadap kelembaban. Daya serap air kurang dari 16%- jadi tidak memerlukan penyelesaian yang bersifat melindungi.
  3. Aman terhadap lingkungan (ekologis).
  4. Beton ringan bukan merupakan benda yang mudah rusak dan cepat rapuh.
  5. Kebersihan terhadap lingkungan membuat keamanan pemakaian komponen terjamin penuh bagi orang yang menggunakannya
  6. Dapat menyimpan hawa dingin AC sekitar 9 jam di musim kemarau yang sangat panas. Sehingga jika kita menghidupkan AC di malam hari hingga jam 05.00, maka dinginnya masih terasa sampai jam 14.00.

" Spesifikasi Produk "


bentuk modul baliton

 







Menghemat Pembangunan Rumah Tingkat Dengan Sistem Baliton

Kenyamanan di dalam ruang sangat penting. Karena dengan kenyamanan, penghuni dapat melakukan berbagai kegiatannya dengan baik dan lebih produktif. Faktor-faktor yang mempengaruhi kenyamanan adalah suhu, kelembaban, pergerakan udara. Sedangkan kenyamanan dapat diciptakan melalui setidaknya 2 hal yaitu perencanaan arsitektur yang baik dan pemilihan bahan yang tepat.


Baca juga Artikel Mengenal Lebih Dekat Dak Kraton ( Praktis dan Hemat membuat Hunian Bertingkat )

"Proses Instalasi Baliton CLC "


  • Melangsir, menaikan serta menyusun Baliton ke atas tulangan Balok



  • Gambar di bawah ini Menggunakan Baliton Kombinasi 



  • Setelah Baliton tersusun kemudian pasang Besi Horizontal atau Waremesh untuk Plat lantai


  • Gambar dibawah ini Cara penyambungan tulangan Baliton ke tulangan Balok



  • Setelah itu melakukan pengecoran Balok dan lantai